Notification

×

Iklan

Iklan

Pembukaan Ponpes Di Lombok Timur Disambut Hangat Oleh Para Pimpinan Ponpes

Thursday, June 18, 2020 | June 18, 2020 WIB Last Updated 2021-04-01T18:28:36Z


Foto: Susana saat Pemda Lotim bersama Pimpinan Ponpes di wilayah Lotim


Lombok Timur, Selaparangnews.com - Sebagai bentuk tindak lanjut dari pertemuan Bupati Lombok Timur dengan Kementerian Agama Lombok Timur, Kodim, Polres dan beberapa OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di Lombok Timur pada hari Selasa, 16/06/2020 di Pendopo Bupati tentang pembukaan kembali Ponpes di Lombok Timur, seluruh pimpinan Ponpes bersama Kapolres, Kodim 1615, Dinas Kesehatan dan Kemenag Lotim kembali diundang untuk melakukan rembuk perihal dimulainya proses pembelajaran di Pondok Pesantren.
  
Dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Lotim, H. Juaini Taufik menyampaikan bahwa “ Pembukaan Pondok Pesantren di Lombok Timur dikhususkan bagi Ponpes yang memiliki asrama, dari 195 pondok pesantren di Lombok Timur hanya 95 yang memiliki asrama dan sebagai tahap awal hanya 52 dulu yang diizinkan untuk dibuka sebagai percobaan ” Kamis, (18/06/20).

Kepastian tentang kapan dimulainya proses pembelajaran di Ponpes sangat tergantung dari keputusan Satgas Covid-19 Lombok Timur, hal ini tentu sebagai bentuk antisipasi agar usaha-usaha yang dilakukan selama ini tidak sia-sia

“Jika hasil keputusannya membolehkan untuk membuka Ponpes maka proses pembelajaran boleh dilakukan namun tidak serentak, hanya diperuntukkan bagi siswa yang bermukim di Pondok, dan setiap Ponpes yang telah mendapatkan ijin membuka Ponpes akan diberikan peralatan termogen”, lanjutnya.

Pembukaan Ponpes tentu tidak boleh bebas, namun harus dengan memperhatikan protokol kesehatan dan adaptasi New Normal. Jika nantinya ditemukan ada siswa atau guru yang positif maka sekolah tersebut akan langsung ditutup sementara.

“Sebelum masuk kelas Siswa harus di screening terlebih dahulu dan tentunya semua Guru dan pengasuh Ponpes harus dilatih tentang protokol kesehatan sehingga para Guru bisa langsung menjadi agen pencegahan Covid-19”, tegasnya.

Keputusan Kepala Daerah untuk mulai membuka Ponpes di Lotim disambut hangat dan bahagia oleh semua Pimpinan Ponpes. Salah satu pimpinan Ponpes tersebut yakni TGM. H. Munawir Ismail, LC.MA selaku Pimpinan Ponpes Tohir Yasin Lendang Nangka saat diwawancara mengaku sangat bahagia karena para Santri sudah menunggu kabar baik ini sejak lama.

“Selama ini baik santri maupun Wali Santri mengeluh karena masa liburnya terlalu panjang, mereka takut terkontaminasi dengan lingkungan sekitarnya, oleh karena itu mereka sangat berbahagia jika proses pembelajaran di ponpes kembali dibuka”, terangnya.

Dalam proses pembelajaran nanti, pihak Ponpes siap mengikuti arahan dari Pemerintah termasuk dengan menerapakan protokol kesehatan. “Ponpes Tohir Yasin akan mulai dibuka pada tanggal 1 Juli 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan dan hanya berlaku bagi siswa yang khusus berada di asrama saja “, tutupnya. (CR.SN-06)

×
Berita Terbaru Update