Notification

×

Iklan

Iklan

Forum BKD Lotim Minta Kejelasan Status

Monday, September 7, 2020 | September 07, 2020 WIB Last Updated 2021-04-01T17:55:28Z
Foto: Lalu Saparuddin, Ketua Forum Badan Keamanan Desa (BKD) Lombok Timur

Lombok Timur, Selaparangnews.com – Ketua Forum Badan Keamanan Desa (BKD) Lombok Timur Lalu Saparuddin mempertanyakan terkait dengan status BKD yang saat ini akan digiring kembali menjadi Perlindungan Masyarakat (Linmas). “Katanya kita mau dijadikan Linmas lagi, kami tidak terima,” tegasnya. Senin, 7/9/2020

Hal tersebut membuat geram Saparuddin dan kawan BKD lainnya. Untuk itulah beberapa perwakilan dari Forum BKD Lombok Timur mendatangi kantor Bupati pada hari ini (7/9).

Pasalnya, ia menjelaskan jika pada tahun 2018 yang lalu pernah dijanjikan oleh Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy, agar BKD mempunyai peraturan tetap yang langsung dibawah naungan Pemeritah Daerah.

“Dulu kita sudah dijanjikan oleh Bupati terkait dengan Peraturan yang jelas dari status BKD ini, saya juga sudah punya bukti rekamannya,” kata Saparuddin.

Ia meminta kejelasan status tersebut bukan tanpa alasan. Jika betul nantinya BKD berubah menjadi Linmas, maka banyak persyaratan yang tidak sesuai dengan kondisi BKD saat ini.

Seperti contoh, jika di BKD keanggoatannya di masing-masing Desa ditentukan dari luas wilayahnya, berbeda hal dengan Linmas yang berapapun luas dari Desa tersebut maka maksimal akan di tempatkan anggota Linmas maksimal sebanyak 10 orang.

Selain itu, ada juga syarat yang tidak relevan dengan anggota BKD saat ini jika dialihkan menjadi Linmas. “Syarat anggota Linmas itu harus mempunyai ijazah, sedangkan BKD kita pilih mereka yang menjadi tokoh berpengaruh di Desanya masing-masing” sebut Saparuddin.

Yang tak kalah penting, menurut Saparuddin Linmas itu hanya ada di kelurahan bukan Desa. Untuk itulah, ia dan anggota BKD lainnya meminta agar isu pengalihan BKD menjadi Linmas tersebut tidak benar adanya.

“Kemarin kami sudah jelas katanya langsung dibawah Pemda, kok sekarang mau dirubah lagi,” herannya.

Jumlah anggota BKD Lombok Timur sendiri dimasing-masing Desa menurut Saparuddin berbeda-beda, tergantung dari luas Desa tersebut.

“Totalnya ada 2830 anggota BKD di wilayah Lotim, akan tetapi hanya ada 840 yang sudah dilatih oleh tim gabungan dari TNI dan Polisi,” jelas Saparuddin. (SN-06)
×
Berita Terbaru Update