Notification

×

Iklan

Iklan

Wajah Baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Di Bali dan Nusra

Tuesday, September 8, 2020 | September 08, 2020 WIB Last Updated 2020-09-08T03:07:41Z


Foto: Acara Rapat Kerja (Raker)

Opini - Menjadi tonggak baru dalam pengelolaan PTKIS di bawah naungan Kopertais XIV Mataram, dilaksanakan pada tanggal 2-3 September 2020. UIN Mataram sebagai Kopertais Muda hasil dari pemekaran Kopertais Wilayah IV Surabaya bersepakat dengan 34 Perguruan Tinggi Islam untuk meningkatkan peran dan kontribusi PTKIS dalam menjalin moderasi Islam.

Melalui Rapat Kerja Kopertais Wilayah XIV Mataram dengan Sekretaris Kopertais, Bapak Dr.H.Nazar Naamy, M.Pd menyatakan akan membuat sistem baru yang berlatar pada peningkatan Mutu melalui pengembangan penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Pengembangan Perguruan tinggi tidak sekedar alih status menjadi Institusi, Universitas atau menambah Program Studi baru, tetapi bagaimana meningkatkan peringkat Akreditasi Institutsi dan Akreditasi Program Studi.

Senada dengan itu, Bapak Prof.Dr.H. Mutawalli, MA selaku Koordinator Kopertais XIV menyatakan siap mendukung program PTKIS dalam sambutannya, sekaligus membuka acara Raker.

Dalam Rapat Kerja itu dibentuklah PTKIS dalam 5 Komisi yaitu Komisi Akademik, Komisi Kemahasiswaan, Komisi Ketenagaan, Komisi Kelembagaan dan Komisi Sistem Informasi dan Manajemen. Dalam rapat Pleno diputuskan dalam komisi kemahasiswaan bahwa Penomoran Ijazah Nasional (PIN) menjadi solusi Substantif untuk menyelesaikan permasalahan Ijazah yang masih menjadi tarik ulur antara Kopertais Surabaya dengan Kopertais Mataram, begitu penyampaian salah Satu pimpinan Perguruan Tinggi, Bapak H. Mahsan. Hadir juga dalam Raker tersebut Rektor Institut Elkatarie, salah satu pimpinan PTKIS baru di Lombok Timur, beliau menyampaikan beberapa hasil raker pada saat ditemui di kediamannya. Menurutnya, salah satu bagian terpenting dalam raker itu adalah peran Pangkalan data sangat krusial sehingga nasib operator harus diperhatikan.

Salah satu hasil penting dalam raker tersebut ialah Pembentukan Forum Pimpinan PTKIS Kopertais XIV dengan hasil Bapak Dr.H.M.Nasir (Ketua STIT Al Aziziyah Gunung sari) Sebagai Ketua, Asbullah Muslim, S.Fil,.I, M.Pd.I (Rektor Institut Elkatarie) sebagai Sekretaris dan Ibu Supriyani, SH, MKn (Ketua STIS Darussalam Gerung) sebagai Bendahara. (Asbullah Muslim, S.Fil,.I, M.Pd.I)


×
Berita Terbaru Update