Notification

×

Iklan

Iklan

Presiden Sampaikan Komitmen 30 Juta Vaksin Corona Akhir Tahun 2020

Wednesday, September 2, 2020 | September 02, 2020 WIB Last Updated 2021-04-01T18:07:08Z


Ir. Joko Widodo, Presiden RI
Jakarta, Selaparangnews.com – Presiden Ir. Joko Widodo menyampaikan komitmen untuk mempercepat realisasi vaksin Covid-19. “Alhamdulillah kita sudah mendapatkan komitmen 20 sampai 30 juta vaksin di akhir tahun 2020,” katanya saat telekonferensi bersama dengan seluruh Gubernur Se-Indonesia melalui akun resmi Sekretariat Presiden. Rabu, 2/8/2020.

Vaksin tersebut akan dibagikan dalam bentuk barang jadi. Upaya pemerintah Indonesia saat ini mempercepat pengujian vaksin, mengingat Negara lain sedang bersaing untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

Presiden mengatakan sudah mendapatkan komitmen vaksin sebanyak 290 juta. “Karena jangkanya sampai akhir 2021, untuk itulah kami meminta Gubernur fokus dalam pengendalian Covid-19,” katanya. 

Pada saat yang bersamaan, Pemerintah Indonesia saat ini sedang mengembangkan vaksin yang didukung penuh oleh tim vaksin “Merah Putih” yang dikerjakan oleh konsorsium nasional. Dalam hal ini, melibatkan lembaga biologi, perguruan tinggi, dan lembaga penelitian.

Selain itu, vaksin merah putih dalam tahap pembuatan benih. Prosesnya sekitar 30 sampai dengan 40 persen. “Itu akan siap produksi pada pertengahan 2021,” tandas Presiden.

Sebelum vaksinasi dilakukan secara besar-besaran dan efektif, Presiden meminta agar gas dan rem bisa diseimbangkan, sesuai dengan takarannya atau sesuai dengan data-data yang dimiliki.

Data dan angka sangat penting menurut Presiden saat ini, karena itulah yang menjadi pedoman untuk kepala daerah, agar bisa mengurangi penluaran Covid-19. (SN-06)
×
Berita Terbaru Update