Notification

×

Iklan

Iklan

Dikes Lotim Akan Benahi SDM Nakes dan Pelayanan di Puskesmas

Wednesday, November 25, 2020 | November 25, 2020 WIB Last Updated 2021-04-01T15:33:08Z

Foto: Rohyatul Aini, Kepala Seksi Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Lombok Timur

Lombok Timur, Selaparangnews.com - Adanya kejadian fatal yang dilakukan oleh Tenaga Kesehatan yang ada di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sikur beberapa waktu yang lalu menjadi perhatian bersama, terutama bagi Dinas Kesehatan Lombok Timur. Dengan kejadian tersebut, Dikes Lotim akan membenahi Sumber Daya Manusia (SDM) Tenaga Kesehatan (Nakes) serta pelayanan yang ada di seluruh Puskesmas yang ada di Lotim.

Hal itu disampaikan oleh Rohyatul Aini, Kepala Seksi Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Lotim. Dia mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan peningkatan pembinaan terhadap seluruh Puskesmas yang ada di Lotim. Hal itu dilakukannya guna mencegah kejadian seperti yang terjadi sebelumnya di Puskesmas Sikur.

"InsyaAllah ke depan kami akan tingkatkan pembinan, bukan hanya kepada Puskesmas Sikur. Akan tetapi seluruh Puskesmas yang ada di Lotim," ucapnya. Selasa, 24/11/2020.

Terkait adanya beberapa kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki oleh masing-masing Puskesmas, dirinya menjelaskan bahwa itu merupakan tanggungjawab dari setiap Puskesmas. Sebab, SDM yang baik tentunya dibarengi dengan sistem manajemen yang baik.

Terlebih lagi, lanjutnya, bahwa yang mempunyai hak tanggungjawab penuh kepada Puskesmas yakni Kepala Puskemas (Kapus) itu sendiri. Pasalnya, Kapus merupakan pucuk pimpinan tertinggi yang harus mengetahui sistem manajemen dari Puskesmas.

Kendati demikian, Rohyatul menyebut seluruh Nakes yang ada di internal Puskesmas harus bisa bersinergi untuk membangun kerjasama dalam melayani pasien. Tak terkecuali seperti Dokter, Bidan, Tata Usaha, dan pegawai lainnya.

"Kalau SDM itu nanti tergantung dari manajemen Puskesmas itu sendiri, mulai dari Kepala Puskemas sampai dengan pegawai tata usahannya," paparnya.

Ke depan, ia juga akan mengatensi terkait dengan pelayanan Puskesmas yang ada diseluruh Lotim. Mengingat, dengan adanya kejadian di Puskesmas Sikur beberapa waktu yang lalu, tentu membuka Pekerjaan Rumah (PR) baru bagi Dinas Kesehatan Lotim agar turut membenahi persoalan tersebut.

"Insyaallaj nanti kita akan perbaiki semuanya, termasuk dalam segi pelayanan di seluruh Puskesmas yang ada di Lotim. Dan kami akan rapatkan itu nanti," tandasnya.

Ia juga tak mengelakkan, bahwa selama ini banyak keluhan dari masyarakat terkait dengan pelayanan di Puskesmas yang masih belum maksimal, sehingga banyak yang berbondong-bondong lari ke rumah sakit swasta. Dirinya mengakui jika sering terjadi keluhan, terutama dalam hal pelayanan.

"Sering kita mendengar hal seperti itu, tapi kalau di swasta memang pelayanannya dijaga betul untuk membangun kepercayaan masyarakat," jawabnya ketika ditanya SN terkait dengan apakah dari Dikes Lotim sering mendengar keluahan mengenai pelayanan di Puskesmas yang ada di Lotim. (fgr)

×
Berita Terbaru Update