Notification

×

Iklan

Iklan

Wujudkan Lingkungan Asri, Babinsa dan Babinkamtibmas Gerantung Rela Jadi Pemulung

Wednesday, February 3, 2021 | February 03, 2021 WIB Last Updated 2021-04-01T19:48:10Z


Lombok Tengah,Selaparangnews.com - Babinsa Kelurahan Gerantung, Koramil 1620-01/Praya Kodim 1620/Loteng Serda Husni Tamrin selalu aktif dalam Pembinaan Teritorial, termasuk ingin mewujudkan wilayah binaannya menjadi lingkungan yang bersih, nyaman, sehat, rapi dan indah. 

Untuk mewujudkan hal itu, Babinsa Gerantung, Serda Husni Tamrin bersama Brigadir Polisi Lalu Multasa Marjan, Bhabinkamtibmas Polsek Praya Tengah secara bersama-sama menjadi pemulung. 

Setiap hari kedua aparat TNI Polri ini menyambangi desa binaannya (Gerantung.red) dengan cara yang berbeda. Berpakaian dinas TNI Polri namun membawa karung tempat plastik dan kaleng bekas termasuk memakai caping (topi ala pemulung).

Dari pantauan di lapangan, sudah banyak terkumpul hasil barang bekas yang mereka ambil di tiap-tiap dusun. Kemudian dikumpulkan jadi satu di tempat tinggal Babinkamtibmas Brigadir Polisi Lalu Multasa Marjan. 

Hasil dari barang bekas tersebut, rencananya meraka akan jual dan hasilnya akan di donasikan ke masjid-masjid yang ada di Kelurahan Gerantung. 

Di sela-sela kegiatan Sertu Husni Tamrin mengatakan inisiatif jadi pemulung ini merupakan ide kami berdua dengan Babinkamtibmas untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, nyaman, sehat, rapi dan Indah. 

"Kegiatan ini efektif untuk menyampaikan pesan kepada warga tentang pola hidup sehat dan bersih. Dan kita menjadi pelopor di wilayah binaan," ungkap Sertu Husni Tamrin. Rabu, 03/02/2021.

Sementara Danramil 1620-01/Praya Kapten Inf Lukman mengapresiasi langkah Babinsa Gerantung yang menjadi pemulung sebagai langkah inovatifnya dalam komunikasi sosial dengan warga binaannya. 

“Komsos dengan menjadi pengumpul barang bekas dilakukan bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada warga, agar mau peduli terhadap kebersihan lingkungan, sehingga pemukiman mereka tidak kelihatan kumuh serta terhindar dari penyakit," ungkapnya. 

Selaku Bintara Pembina Desa atau Babinsa, sangat penting untuk secara terus menerus mengingatkan kebersihan lingkungan di wilayah binaannya. 

”Dengan mengobrol dan anjangsana, adalah bagian dari komukasi sosial, diharapkan warga yang tinggal di wilayah binaannya selalu dekat dengan rakyat, sehingga kita tahu kondisi Dan situasi lingkungan, termasuk masalah kepedulian masyarakat pada kebersihan dan kesehatan warganya," imbuhnya.

Terpisah Dandim 1620/Loteng Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan mengatakan upaya bangun kesadaran Kebersihan yang dilakukan Babinsa Gerantung dengan menjadi pemulung, merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam kehidupan di lingkungan masyarakat maupun di lingkungan tempat tinggal kita sendiri. 

Masih banyak masyarakat yang kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan dan membuang sampah sembarangan. Untuk itu sebagai seorang Aparat Komando Kewilayahan, seorang Babinsa memang harus dekat dengan warga, karena hal ini tidak hanya berdampak pada meningkatnya keamanan, namun juga untuk pelaksanaan Temu Cepat Lapor Cepat pada setiap kejadian. 

“Kedekatan kami dengan masyarakat akan menambah tingkat quick response yang kami berikan terhadap laporan yang masuk setiap hari,” tegas Dandim. (Red)

×
Berita Terbaru Update