Notification

×

Iklan

Iklan

KKN UNRAM Desa Tanjung Luar Menggelar Sosialisasi Kewirausahaan

Wednesday, June 30, 2021 | June 30, 2021 WIB Last Updated 2021-06-30T13:57:39Z


 

Lombok Timur, Selaparangnews.com - Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Mataram Desa Tanjung Luar mengadakan sosialisasi kewirausahaan pada 30 Juni 2021 yang bertemakan “Bangkitkan Semangat dengan Kewirausahaan di Masa Pandemi.”


Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lombok Timur, Drs. Nurhilal sebagai narasumber dan dihadiri oleh kepala Desa Tanjung Luar, Mukti Ali. Kegiatan tersebut dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan.


Drs. Nurhilal menyatakan bahwa, kegiatan-kegiatan sosialisasi seperti ini sangat penting dilakukan untuk mengajak, mendorong dan memotivasi masyarakat supaya mau berwirausaha, terlebih di masa pandemi saat ini.


Ada beberapa poin yang disampaikan oleh Drs. Nurhilal, di antaranya adalah upaya menciptakan produk dan pengetahuan yang memadai terhadap produk tersebut.


"Kita harus memiliki pengetahuan terhadap produk yang kita ciptakan sehingga bisa membebaskan kita dari penipuan," ujarnya. Rabu, 30/06/2021.


Dia juga menyatakan bahwa dari Dinas Koperasi dan UKM kabupaten Lombok Timur  akan mewadahi bagi masyarakat yang benar-benar serius untuk mengembangkan usaha.


Dan bagi masyarakat yang sudah memiliki usaha dan belum memiliki sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan label halal, katanya, Dinas Koperasi Lombok Timur akan siap untuk mewadahi dalam pembuatan PIRT dan label halalnya, ujar Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lombok Timur.


Sementara salah satu kepala wilayah yang mewakili kepala Desa, Saparudin Akbar dalam membuka kegiatan tersebut juga menyatakan bahwa acara sosialisasi kewirausahaan tersebut sangat membantu masyarakat dalam memberikan informasi terkait wirausaha di saat pandemi. 


"Dapat kita lihat bahwa adanya pandemi saat ini menyebabkan kemerosotan pada tatanan perekonomian Indonesia. Sehingga salah satu hal yang harus dilakukan saat ini untuk menutupi kemerosotan perekonomian kita adalah meningkatkan Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM)," paparnya. 


Seperti yang dikatakan oleh Drs. Nurhilal selaku pemateri pada kegiatan sosialisasi tersebut,  Saparudin juga menyatakan bahwa pada masa pandemi covid-19 saat ini perekonomian Indonesia mengalami penurunan, di mana semua masyarakat sangat dibatasi arah geraknya untuk beriwirausaha di masa pandemi.


"Belum lagi semua anggaran pemerintah yang digelontorkan untuk program kerja yang dibuat pemerintah terhambat disebabkan semua anggaran dialihkan ke bantuan covid-19 bagi masyarakat yang terdampak," pungkasnya. (SN)

×
Berita Terbaru Update