Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Dikbud NTB Bakal Daftarkan Senam Gemar Gatra Kreasi Alumni SMAN 1 Suela ke Kemenkumham

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB Last Updated 2021-12-11T09:42:07Z

 

Gerakan Senam Gemar Gatra yang diperagakan Warga SMAN 1 Suela di Halaman Sekolah

Lombok Timur, Selaparangnews.com - Senam Gemar Gatra merupakan salah satu senam yang dikembangkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nusa Tenggara Barat (Dikbud NTB) dalam program unggulannya yakni Sabtu Budaya.


Fairuz Abadi, Kepala bidang Kebudayaan (Kabid Kebudayaan) mengungkapkan  gerakan senam Gemar Gatra tersebut merupakan  senam yang gerakannya diambil dari gerakan-gerakan permainan tradisional yang ada di NTB seperti bermain layang-layang, egrang, loncat tali, dan lain sebagainya.


"Gerakan Senam Gemar Gatra ini merupakan gerakan-gerakan dari permainan rakyat NTB," ungkapnya saat memberi sambutan di acara evaluasi Sabtu Budaya SMAN 1 Suela, Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur. Sabtu,11/12/2021.


Lebih lanjut pria yang dikenal dengan sebutan Abu Macel itu juga memberikan apresiasi penuh terhadap SMAN 1 Suela. Pasalnya, kata dia, Senam Gemar Gatra yang dikembangkan saat ini oleh semua sekolah di bawah naungan Dikbud NTB merupakan ciptaan salah satu Alumni SMAN 1 Suela.


"Alumni SMAN 1 Suela yang sekarang menjadi Magister Fisioterafi telah menciptakan gerakan permainan tradisional rakyat dan olahraga tradisional melalui gerakan-gerakan seni dan gerak senam yang indah dan menyenangkan," paparnya.


Fairuz juga mengungkapkan bahwa senam Gemar Gatra tersebut akan segera didaftarkan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI) untuk mendapatkan hak atas kekayaan intelektual yang satu-satunya di Indonesia.


"Atas nama Pemerintah Provinsi NTB, pak Kepala Dinas akan membimbing kita ke Kemenkumham untuk mendaftarkan senam Gemar Gatra itu untuk mendapatkan hak atas kekayaan intelektual," imbuhnya.


Untuk itu, kata Fairuz, SMAN 1 Suela harus berbangga hati karena telah sudah melahirkan anak yang pintar, kreatif dan hebat.


"Namanya Lilik Evitamala Alumni SMAN 1 Suela pada angkatan 2009 yang berasal dari dusun Pesugulan, Desa Bebidas, Kecamatan Wanasaba," sebutnya.


Sementara itu, Kepala SMAN 1 Suela, Akramuddin, S.Pd menyampaikan banyak terimakasih atas informasi yang disampaikan oleh Kabid Kebudayaan tersebut.


Pasalnya, kata dia, jika informasi ini tidak disampaikan maka pihak SMAN 1 Suela tidak tahu menahu siapa yang menciptakan gerakan senam Gemar Gatra tersebut.


"Saya ucapakan terima kasih atas informasi yang disampaikan oleh pak kabid kebudayaan, jika informasi ini tidak di sampaikan maka kami dari pihak SMAN 1 Suela tidak tau"paparnya.


Untuk itu Ia juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Ananda Lilik Evitamala yang telah mengangkat nama SMAN 1 Suela melalui kreasi gerakan senam Gemar Gatra yang telah diciptakannya dan mampu memberikan kontribusi luar biasa kepada Daerah maupun Negara.


"Kami juga sangat berterima kasih kepada Ananda Lilik Evitamala, berkatnya nama SMAN 1 Suela menjadi luar biasa," tutupnya seraya berharap ini menjadi inspirasi bagi siswa-siswi SMAN 1 Suela. (Izi)


×
Berita Terbaru Update