Notification

×

Iklan

Iklan

Ditiru Kabupaten Malang, Berikut Jumlah Anggaran dan Penerima Program Lotim Berkembang

Saturday, November 12, 2022 | November 12, 2022 WIB Last Updated 2022-11-12T08:00:20Z
Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy menyambut kedatangan rombongan Pemerintah Kabupaten Malang di Kantor Bupati

SELAPARANGNEWS.COM - Pemerintah Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur tertarik dengan program Lombok Timur Berantas Rentenir Melalui Kredit Tanpa (Lotim Berkembang) yang digagas pemerintah kabupaten Lombok Timur sejak tahun 2020 lalu. 


Dilansir portal Pemerintah Kabupaten Lombok Timur, jumlah kelompok ternak yang mengakses program Lotim Berkembang berdasarkan data terakhir ialah sebanyak 5.996.


Ribuan peternak itu tergabung dalam 915 kelompok dengan nilai kredit mencapai Rp. 90,032 miliar lebih. 


Peternak yang mengakses Lotim Berkembang juga mendapat asuransi ternak. Jumlah yang telah klaim asuransi adalah Rp. 7,202 milar lebih.


Dianggarkan Rp. 5 miliar pada tahun 2020 dan 2021, tahun ini Pemda Lombok Timur menganggarkan Rp. 6 miliar dan perluasan jangkauan tidak hanya peternak, melainkan juga kelompok usaha mikro. 


Selain itu bertambah pula bank yang menjadi mitra untuk menyalurkan KUR. BCA disebut bergabung untuk menyalurkan KUR peternakan.


Pemerintah Kabupaten Malang, sebagimana disampaikan Bupati HM. Sanusi saat berkunjung ke Lombok Timur belum lama ini menyebutkan bahwa mata pencaharian masyarakat Lombok Timur dan Kabupaten Malang hampir sama, yakni di sektor pertanian dan peternakan.  


Kabupaten Malang, kata dia, merupakan salah satu komoditas yang banyak membudidayakan Sapi, khususnya sapi perah, sehingga program tersebut cocok untuk ditiru di Kabupaten Malang.


Salah satu yang digali terkait Program Lotim Berkembang oleh Bupati Sanusi ialah model penganggaran dan juga subsidi asuransi yang diterapkan untuk melengkapi program tersebut. (Yns) 


×
Berita Terbaru Update