Notification

×

Iklan

Iklan

MUI Lotim Angkat Bicara Soal Kontroversi Festival Kecimol di Taman Tugu Selong

Sunday, January 29, 2023 | January 29, 2023 WIB Last Updated 2023-01-29T05:06:22Z

Ribuan warga Lotim tumpah menyaksikan ratusan Grup Kecimol pentas di Taman Tugu Selong

SELAPARANGNEWS.COM - Rabu (25 Januari 2023), Asosiasi Kecimol (AK) Nusa Tenggara Barat (NTB) menyelenggarakan Festival Kecimol di Taman Tugu Selong Lombok Timur. 


Festival ini bertujuan untuk menghapus stigma buruk masyarakat tentang Kecimol, namun sayangnya harapan itu tak sesuai dengan realita. 


Pasalnya pada Festival tersebut, ada beberapa Kecimol yang mempertontonkan goyangan erotis sehingga membuat muda-mudi ikut terhanyut tanpa memperdulikan nilai agama dan adat istiadat, terlebih festival tersebut diselenggarakan di dekat masjid raya Selong. 


Menanggapi hal itu, Ketua MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kabupaten Lombok Timur TGH. Ishaq Abdul Gani, LC mengakui bahwa kecimol merupakan seni tradisional yang harus dijaga, namun jangan sampai melampaui ukuran ukuran seninya.


Menurutnya, pada festival Kecimol kemarin  itu menjadi kontroversi di masyarakat lantaran bercampur baurnya pemuda-pemudi tanpa batas sambil berjoget.


"Semua orang tahu bahwa di tengah hura-hura itu kebetulan bersebelahan dengan rumah Alloh masjid agung kebanggaan kita," ujarnya kepada Selaparangnews.com. Minggu, (29/01/2023) 


Menurutnya, setiap ada musik-musik metal, maka pasti hawa nafsu yang dominan, sehingga berpotensi membuat semua lupa. 


Jauh-jauh hari, ia juga sempat menyampaikan pesan kepada semua ASN agar dalam melakukan sesuatu untuk terlebih dahulu merenungkan akibatnya. 


Katanya, dalam pengantar pengajian memasuki tahun baru itu ia menyampaikan pesan Nabi Muhammad SAW, bahwa ada seorang laki-laki datang bertanya kepada nabi meminta wasiat, lalu Nabi bersabda "Kalau kamu mau melakukan sesuatu, maka renungkanlah akibatnya, kalau kami memandang itu baik dan bermanfaat maka laksanakan, kalau kiranya akibatnya tidak baik maka tinggalkan pekerjaan itu"


Selain itu, kata dia, manusia dianjurkan melakukan istikharah setiap mengambil kebijakan. 


"Maka istiharahkan dan musyawarahkan dulu karena tidak akan merugi orang yang istiharah dan tidak akan menyesal orang yang musyawarah," jelasnya sembari mengingatkan untuk lebih berhati-hati di tahun politik ini. (Kht) 

×
Berita Terbaru Update