Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkab Lotim Tetap Siagakan Pelayanan Publik Selama Libur Idul Fitri 2023

Wednesday, April 19, 2023 | April 19, 2023 WIB Last Updated 2023-04-19T08:08:20Z

Pres Rilis Pelayanan Publik selama Libur Hari Raya Idul Fitri 1444 H di ruang Rapat Bupati Lombok Timur

SELAPARANGNEWS.COM - Pemerintah Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tetap siagakan pelayanan publik selama libur panjang Idul Fitri 1444 Hijriah selama seminggu yang terhitung sejak Rabu, tanggal 19 hingga Selasa, 25 April 2023.


Pelayanan publik seperti pelayanan kesehatan akan tetap terbuka bagi masyarakat. Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Kesehatan Lombok Timur Dr. H. Pathurrahman dalam acara konferensi pers bersama awak media dan Sekretaris Daerah Lombok Timur beserta sejumlah pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) lainnya, Selasa kemarin, 18 April 2023, di Ruang Rapat Bupati. 


Pathurrahman mengatakan, pihaknya sudah bersurat ke seluruh fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Lombok Timur, baik yang berada di bawah naungan pemerintah daerah seperti Puskesmas, Polindes dan Pustu, termasuk juga klinik, rumah sakit pemerintah dan swasta untuk selalu siaga memberikan pelayanan kepada masyarakat yang dipinjam membutuhkan. 


"Ada lima point isi surat itu, yang kami sampaikan tanggal 14 April kemarin di antaranya adalah dalam rangka kesiapsiagaan libur hari raya, Puskesmas, klinik maupun rumah sakit harus meningkatkan kesiapsiagaannya selama 24 jam, terutama dalam menghadapi kasus-kasus kegawatdaruratan," jelasnya. Rabu, (19/04/2023). 



Pihaknya juga menginstruksikan puskesmas-puskesmas untuk berjaga-jaga di setiap pos yang sudah dibagi serta mengimbau untuk menjaga logistik dan sarana pra sarana untuk persiapan pelayanan. 


Ia mengajak puskesmas yang ada di daerah pariwisata agar lebih siap siaga sehingga dapat merespon hal-hal tidak diinginkan yang mungkin terjadi di tempat wisata. 


"Kami juga mengingatkan agar Puskesmas dan rumah sakit meningkatkan kewaspadaan lebih dibanding hari-hari biasa. Demikian halnya dengan Public Service Center (PSC) yang diharapkan tetap siap siaga selama masa libur dan cuti bersama Idul Fitri," pungkasnya. 


Sementara itu Direktur Rumah Sakit dr. R. Soedjono Selong M. Hasbi Santoso memastikan UGD akan tetap buka selama libur, dan pelayanan melalui poliklinik tidak tersedia. Rumah sakit pun menyiapkan tim yang siap merawat pasien gawat darurat. 


Hal serupa juga disampaikan Direktur Rumah Sakit Lombok Timur dan Patuh Karya yang akan tetap membuka UGD, rawat inap, dan ICU.


Berikutnya Kadis Perhubungan Baiq Farida Apriani melaporkan Dishub tidak menyediakan transportasi gratis tetapi pelayanan tetap dilakukan maksimal. 


Sementara untuk pos pengamanan pihaknya menyesuaikan dengan Kepolisian di empat titik yaitu Terara, Masbagik, Pancor, dan Kayangan. 


Ia mengungkapkan berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya arus penumpang H -2 terjadi penumpukan penumpang baik dari pulau Sumbawa maupun Lombok. 


Ia juga menyinggung operasional odong-odong yang sempat menimbulkan kisruh. Farida menyampaikan sudah ada kesepakatan antara sopir odong-odong dan angkutan umum. 


"Odong-odong hanya boleh beroperasi di luar jam operasi angkutan desa dan kota, atau pada sore dan malam hari saja," ujarnya. 


Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Lalu Muliadi melaporkan infrastruktur seperti jalan, dan jembatan yang sebelumnya rusak oleh bencana kini sudah berfungsi kembali. 


Pihaknya juga sudah menyiapkan 41 personil yang siap siaga jika terjadi bencana selama libur dan cuti bersama idul fitri. BPBD juga sudah memeriksa alat pendeteksi gempa yang sudah terpasang di beberapa titik seperti di Jerowaru, Sambelia, Lenek, dan Sembalun serta kantor BPBD yang berfungsi baik. 


BPBD Lotim pun sudah berkoordinasi dengan BPBD pusat menyiapkan logistic yang sifatnya darurat untuk memenuhi atau menanggulangi kebutuhan masyarakat.


Kesiapan juga disampaikan Kadis Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan H. Abadi. Pihaknya sudah membentuk tim beranggotakan 263 relawan yang akan disiapsiagakan selama libur dan cuti bersama.


Ia menjelaskan tahun lalu ada 161 kasus kebakaran yang terjadi. Mengantisipasi hal tersebut, Abadi pun menambahkan piket perwira atau relawan yang siap siaga 1 X 24 jam secara bergilir. Ia menegaskan nomor pemadam kebakaran 085933645005 dapat dimanfaatkan masyarakat. (Yns)

×
Berita Terbaru Update