Notification

×

Iklan

Iklan

Enam Desa di Lotim Ini Terima Program PAMSIMAS

Thursday, September 28, 2023 | September 28, 2023 WIB Last Updated 2023-10-23T23:07:20Z


SELAPARANGNEWS.COM - Ada enam desa yang menerima Program Penyediaan Sarana Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS), keenam desa tersebut diantaranya adalah desa Kumbang, Pringgasela, Pringgasela Timur, Beriri Jarak, Bagik Payung, dan Loyok. 


Program tersebut dikembangkan oleh pemerintah pusat guna mendukung capaian keberlanjutan pengembangan sektor air minum dan sanitasi.

Penjabat (Pj) Bupati Lombok Timur H. M. Juaini Taofik mengapresiasi Program Pamsimas yang bertujuan meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan air minum layak dan berkelanjutan dengan pendekatan berbasis masyarakat dalam rangka pencapaian target akses air minum. 

Apresiasi tersebut disampaikan Juaini pada serah terima PAMSIMAS, Rabu (27/09/2023) di Kantor Desa Kumbang, Kecamatan Masbagik. Selain itu, Juaini juga mengapresiasi desa yang telah banyak menorehkan prestasi tersebut.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi NTB Andi Hakim Arrasyid yang sudah melaksanakan program tersebut sejak tahun 2018 – 2023 di Lombok Timur. Menurutya ketersediaan air minum merupakan salah satu perwujudan kemerdekaan masyarakat.

Pada kesempatan itu ia juga berharap kepala desa dapat mendorong masyarakat menjadi peserta BPJS untuk memastikan pelayanan kesehatan bisa dijangkau seluruh lapisan. Dengan demikian pemerataan kualitas pelayanan dapat dinikmati oleh setiap anggota masyarakat.

Sementara itu Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi NTB Andi Hakim Arrasyid berharap masyarakat dapat memelihara aset yang telah dibangun agar dapat dimanfaatkan lebih lama.

Penghujung acara dilakukan serah terima kegiatan dari Pokmas ke PPK Air Minum Satker Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi NTB kepada ketua Pokmas Amanah Bareng-Bareng asal desa Kumbang, Sadar Bersatu asal desa Pringgasela, Sari Pati asal desa Pringgasela Timur, Aikta Bareng asal desa Beriri Jarak, Maju Terus asal desa Bagik Payung, dan Tereng Emas asal desa Loyok.

Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah OPD terkait lingkup kabupaten Lombok Timur maupun Provinsi NTB. (SN) 
×
Berita Terbaru Update