Notification

×

Iklan

Iklan

KONSEPSI NTB Luncurkan Program Peningkatan Aksi Antisipasi Bagi Masyarakat

Friday, October 27, 2023 | October 27, 2023 WIB Last Updated 2023-10-27T07:32:29Z


SELAPARANGNEWS.COM - KONSEPSI NTB luncurkan Program Peningkatan Aksi Antisipasi bagi Masyarakat di Kabupaten Lombok Timur. Program ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas masyarakat dan pemangku kepentingan terkait aksi dini berbasis prakiraan cuaca yang inklusif kelompok rentan, serta masyarakat dan pemangku kepentingan di wilayah sasaran dapat bersama-sama menyadari manfaat dan mengambil tindakan Antisipasi untuk mengadaptasi dan mengkoordinasikan upaya-upaya dalam aksi dini berbasis prakiraan dan respon cepat di tingkat lokal.


Kegiatan dimulai dengan melakukan Sosialisasi dan Pengenalan Program Peningkatan Aksi Antisipasi bagi Masyarakat di Kabupaten Lombok Timur, pada Kamis, (26/10/2023) di Aula Kantor Camat Sambelia.

Duduk di bawah bayang-bayang Gunung Rinjani yang indah, Kabupaten Lombok Timur sering kali berhadapan dengan ancaman bencana alam, seperti bencana banjir. Realitas yang tak terhindarkan ini telah mendorong untuk memprioritaskan kesiapsiagaan dan persiapan warga.

“Wilayah kita di Lombok Timur sering mengalami banjir ketika musim hujan, dan terjadi bencana kekeringan di musim kemarau seperti saat ini” ungkap Makripatullah selaku Kepala Bidang Infrastuktur dan Kewilayahan Bappeda Lombok Timur dalam pemaparannya.

Lebih lanjut, inisiatif ini dilakukan untuk melakukan langkah antisipasi dini sebelum bencana terjadi dan tanda-tanda sudah muncul. Sehingga kerugian dan timbulnya korban jiwa dapat ditekan dengan melakukan aksi antisipasi di wilayah yang memiliki risiko tinggi terhadap bencana banjir.

Elemen penting dalam program ini adalah kerjasama aktif dari berbagai pihak. Selain lembaga swadaya masyarakat (LSM), pemerintah daerah dan pemerintah lokal, Tim Siaga Bencana Desa hingga Masyarakat juga berperan penting dalam mendukung inisiatif ini.

Diharapkan bahwa program peningkatan aksi antisipasi ini akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat Kabupaten Lombok Timur. Dengan melakukan aksi antisipasi sebelum bencana terjadi, warga akan lebih mampu menjaga keselamatan mereka sendiri dan rekan-rekan sekitarnya dalam menghadapi situasi darurat. Ini adalah langkah penting menuju masa depan yang lebih aman dan kuat.

“Program ini akan lebih banyak melakukan serangkaian tindakan yang diambil sebelum terjadi bencana yang lebih besar dan untuk mengurangi dampak bencana yang lebih cepat dan lebih efektif, dengan bertindak berdasarkan risiko dari pada kebutuhan“ ucap Nasri selaku Program Manajer KONSEPSI NTB.

Sehingga masyarakat diharapkan dapat melakukan aksi antisipatif sebelum bencana banjir terjadi untuk menjadikan Kabupaten Lombok Timur tempat yang lebih aman untuk ditinggali dan tangguh dalam menghadapi bencana. (SN) 
×
Berita Terbaru Update